Wawancara kerja adalah sebuah proses yang harus
dilalui oleh seorang calon karyawan setelah mengajukan lamaran kerja pada
peprusahaan
Pengertian
Wawancara
Wawancara atau interview merupakan sebuah percakapan yang terjadi antara 2 orang atau lebih dengan tujuan untuk mendapatkan informasi melalui percakapan berupa pertanyaan yang diajukan pihak pewawancara.
Wawancara atau interview merupakan sebuah percakapan yang terjadi antara 2 orang atau lebih dengan tujuan untuk mendapatkan informasi melalui percakapan berupa pertanyaan yang diajukan pihak pewawancara.
Sedangkan
wawancara kerja (interview) biasa dilakukan pihak perusahaan terhadap calon
karyawannya, dalam usaha untuk mengumpulkan atau mengetahui informasi dari
calon karyawan terkait kemampuan, keterampilan maupun kepribadian para calon
karyawannya sehingga perusahaan dapat menemukan karyawan yang tepat dalam
posisi yang dibutuhkan
Hasil
wawancara akan sangat menentukan seorang calon karyawan bisa diterima atau
tidaknya bekerja diperusahaan tersebut. Adapun pertanyaan-pertanyaan yang
diajukan pewawancara secara umum tidak jauh dari catatan para calon karyawan
seperti yang tertera dalam surat lamaran (daftar riwayat hidup) atau pengalaman
kerja.
Tujuan
Wawancara Kerja
Tujuan wawancara kerja secara umum yang biasa dilakukan pihak perusahaan untuk mengetahui potensi atau kemampuan karyawan sesuai bidang atau posisi pekerjaan sesuai yang dinginkan.
Tujuan wawancara kerja secara umum yang biasa dilakukan pihak perusahaan untuk mengetahui potensi atau kemampuan karyawan sesuai bidang atau posisi pekerjaan sesuai yang dinginkan.
Sebaiknya
sebelum wawancara atau menjawab pertanyaan pewawancara mengetahui terlebih
dahulu serta mengenal lebih banyak posisi atau bidang pekerjaan yang kita
inginkan, dengan demikian akan memudahkan anda menjawap pertanyaan yang
diajukan dengan benar.
Berikut
ini beberapa tujuan Wawancara Kerja yang perlu dikertahui :
1.
Kemampuan Dan Keterampilan
Dalam melakukan seleksi karyawan baru banyak perusahaan menerapkan kebijakan melalui serangkaian tes awal yang mencakup kompetensi sesuai kebutuhan perusahaan, termasuk sesi wawancara, hal itu dilakukan untuk mengetahui potensi dan kemampuan calon karyawan sesuai bidang yang dibutuhkan.
Dalam melakukan seleksi karyawan baru banyak perusahaan menerapkan kebijakan melalui serangkaian tes awal yang mencakup kompetensi sesuai kebutuhan perusahaan, termasuk sesi wawancara, hal itu dilakukan untuk mengetahui potensi dan kemampuan calon karyawan sesuai bidang yang dibutuhkan.
Bahkan,
seorang calon karyawan yang sudah dinyatakan diterima dan mulai bekerja
sekalipun, masih belum lepas dari serangkai tes, misalnya setelah dianggap
lulus wawancara karyawan masih harus melalui proses magang (taraining) dalam
jangka waktu sesuai ketentuan perusahaan.
2.
Motivasi Kerja
Pada umumnya, tujuan utama bagi pencari kerja atau karyawan karena ingin mendapatkan penghasilan, walaupun hal itu tidak ada yang salah sebagai dorongan untuk meningkatkan semangat, namun pada saat wawancara sebaiknya perlu berhati-hati saat pewawancara bertanya seputar motivasi anda ingin bekerja pada perusahaan tersebut.
Pada umumnya, tujuan utama bagi pencari kerja atau karyawan karena ingin mendapatkan penghasilan, walaupun hal itu tidak ada yang salah sebagai dorongan untuk meningkatkan semangat, namun pada saat wawancara sebaiknya perlu berhati-hati saat pewawancara bertanya seputar motivasi anda ingin bekerja pada perusahaan tersebut.
Beberapa
pertanyaan yang sering kita jumpai dalam wawancara, misalnya, Apa motivasi anda
ingin bekerja diperusahaan kami? Kenapa anda berhenti bekerja di perusahaan
yang lama, Pendapat anda kenapa kami harus mempekerjakan anda dalam posisi ini?
Dari
beberapa pertanyaan tersebut terlihat ada keterkaitan pertanyaan satu dengan
yang lainnya dan seperti menuntut jawaban bahwa anda bekerja jangan hanya
sekedar untuk mendapatkan penghasilan atau gaji tapi anda harus memberikan kontribusi
kepada perusahaan dengan demikian perusahaan akan memberikan apa yang anda
inginkan
3.
Kesesuain Dan Etika Kerja
Selain untuk mengetahui kemampuan dan motivasi calon karyawan, perusahaan juga perlu mengetahui kepribadian pelamar apakah punya kepribadian yang sesuai dengan budaya kerja yang berlaku di perusahaan tersebut misalnya kemampuan bekerja dalam team dan sebagainya
Selain untuk mengetahui kemampuan dan motivasi calon karyawan, perusahaan juga perlu mengetahui kepribadian pelamar apakah punya kepribadian yang sesuai dengan budaya kerja yang berlaku di perusahaan tersebut misalnya kemampuan bekerja dalam team dan sebagainya
Wawancara
kerja sebanarnya merupakan bentuk pembuktian atau klarifikasi terhadap apa yang
tertulis dalam surat lamaran atau cv, sehingga bisa menjadi
lesempatan baik bagi pelamar untuk menunjukkan dan menjelaskan secara langsung
terkait kemampuan, pengalaman atau faktor lain yang dimiliki untuk lebih
meyakinkan perusahaan bahwa anda sebagai kandidat yang cocok untuk posisi yang
dibutuhkan.
§ Jika di
lihat secara umum, wawancara kerja juga memiliki tujuan serta fungsi yang sebenarnya, dan tujuan dari wawancara kerja adalah:
1. Untuk mengetahui kepribadian
pelamar
2. Mencari informasi relevan
yang dituntut dalam persyaratan jabatan
3. informasi tambahan yang
diperlukan bagi jabatan dan perusahaan
4. Membantu perusahaan untuk
mengidentifikasi pelamar-pelamar yang layak untuk
diberikan penawaran kerja.