Software interactive petrophysics (IP)

Software interactive petrophysics (IP)

Profile Software interactive petrophysics

           IP diterbitkan oleh perusahaan software yaitu synergy yang didirikan pada tahun 2005. IP terus berkembang saat ini sampai dengan versi terbarunya, yaitu IP versi 3.6. IP menyediakan kebutuhan seorang petrofisik yang ingin menginterpretasikan hasil log dengan akurat dan efektif untuk meningkatkan kinerjanya. Pada Program ini memungkinkan pengguna untuk memaksimalkan pendekatan dari hasil data yang ada.

Interactive Petrophysic ini juga berguna untuk memudahkan suatu pekerjaan dalam menginterpretasikan pembacaan logging. User IP dapat melakukan interpretasi seperti minimal curve, penentuan lithology suatu batuan. Penentuan volume shale, penentuan porositas batuan, analisa multi zone, analisa multi well, penentuan Rw. Perhitungan cut off batuan. Penentuan saturasi air (Sw).
1. Memberikan gambaran mineral batuan 
2. Sebagai korelasi, untuk mengetahui kesalahan yang terkait dengan alur Interpretasi
3. Pemodelan yang tinggi dalam saturasi, caliper, dll


Cara Kerja Software Interactive Petrophysics
            Dalam software interactive petrophysics 3.6 terdapat dua metode yang dapat dilakukan, yaitu metode deterministic dan metode probabilstik. Dalam pengolahan data untuk analisis pengukuran logging while drilling,  penulis menggunakan software interactive petrophysics 3.6 dengan metode probabilistic. Metode probabilistic adalah perhitungan petrofisik yang menggunakan persamaan berdasarkan logging tools dengan parameter ditentukan sendiri. Berikut tahapan dalam pengolahan data dengan metode probabilistic :

      IP database
Langkah awal dalam pengoperasian IP adalah membuat database. Dimana nantinya, semua dat paroject yang kita kerjakan akan tersimpan dalam database ini secara otomatis. Database juga menyimpan data ASCII, LAS/LBS, LAS3, LIS, ataupun DLIS yang nantinya akan digunakan untuk memasukan data sumur pada tahapan selanjutnya.

      Input data sumur

Input data sumur adalah proses memasukan data sumur yang ingin kita kerjakan. Pilih input/output, lalu masukan tipe file yang sesuai dengan data sumur yang kita miliki, meliputi data  ASCII, LAS / LBS, LAS3,  LIS, dan DLIS. Penulis memilih LAS/LBS load dikarenakan data sumur berupa LAS file, selanjutnya masukan data sumur tersebut yang telah didapat pada saat proses logging berlangsung dilapangan.

Contoh gambar data load :
Main window

Main Window

Download I.P 3.5
Download I.P 3.6
*Click To Download 

Cara menginstall software interactive petrophysics :


Cara mengoprasikan software interactive petrophysics berada pada folder Movies pada aplikasi, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar :


  

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
6 July 2021 at 06:09 delete

Mas mau bertanya apakah software ini terbuka untuk umum secara resmi atau di dalam filenya sudah termasuk file crack software?

Reply
avatar