Tips Cara Mengurangi Rasa Gugup Saat Interview


Sering kali rasa gugup bisa datang karena ketidaksiapan kandidat menjalani wawancara kerja. Dalam beberapa masalah tersebut,sering kali membuat diri kita tidak bias tampil maxsimal. Untuk karena itu, ini beberapa saran/tips dalam mengurangi rasa gugup pada saat interview :


           Lakukan praktek interview kerja sehari sebelum wawancara dimulai.

Lakukan praktek interview kerja bersama teman atau keluarga Anda. Cobalah untuk menjawab pertanyaan dari mereka seolah-olah Anda sedang melakukan interview. 

Pertanyaan umum yang sering ditanyakan saat wawancara adalah seperti berikut:

1. “Mengapa kami harus mempekerjakan anda?”

Ini adalah peluang untuk “menjual” diri anda. Uraikan dengan singkat dan jelas   kelebihan yang anda miliki, kualifikasi anda dan apa saja yang dapat anda lakukan  untuk perusahaan tersebut. Berikanlah jawaban yang memperlihatkan keunikan yang anda miliki.


2. “Apa yang anda ketahui tentang perusahaan ini?”

      Ketika pertanyaan ini dikeluarkan, anda diharapkan mampu mendiskusikan produk atau pelayanan, pendapatan, reputasi, pandangan masyarakat, sejarah dan filosofi perusahaan. Tekankan keunggulan perusahaan dan minat anda terhadap hal tersebut.

3. “Apa kelemahan dari diri anda?”

      Rahasia dalam menjawab pertanyaan di atas adalah dengan berkata jujur mengenai kelemahan anda, tapi jangan lupa menjelaskan bagaimana anda menyikapi kelemahan tersebut. Hal ini memperlihatkan bahwa anda memiliki kemampuan dalam mengenali aspek yang perlu diperbaiki dan inisiatif dalam memperbaiki diri anda.

4. ”Apa kelebihan anda ?’

      Sering kali kita binggung dalam pertanyaaan seperti ini, tapi dalam konteks lainnya ini merupakan pertanyaan yang bias membuat para penginterview tertarik pada anda. Anda jelaskan tentang skill yang anda bisa, yang pernah membohongi penginterview dengan cerita anda, karena penginterview pasti sudah pengalaman dalam mengetahui cerita asli maupun palsu.

- Rilekskan otot.

        Bila sudah tiba di hari wawancara, biasanya anda diminta untuk menunggu sebentar karena banyaknya kandidat wawancara kerja yang datang pada hari itu. Seringkali, menunggu justru membuat seseorang semakin tegang. Hal yang sebaiknya anda lakukan adalah tarik nafas dalam-dalam, kemudian merilekskan otot tangan, bahu atau leher dengan singkat.


Semoga cara persiapan diri yang dapat dilakukan dalam mengatasi grogi dan gugup pada saat interview

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »